Thursday, July 26, 2012

Membuat Bor PCB sendiri

Setelah proses etching pada pembuatan PCB adalah proses mengebor papan PCB dengan bor PCB. untuk yang mempunyai bor PCB yah dengan mudah menjalani proses mengebor papan PCB :) tapi untuk para DIYers yang tidak mempunyai bor PCB seperti saya ini ya mungkin bingung, tapi setelah browsing sana-sini ternyata bisa dengan mudah membuat bor PCB. Yaitu dengan motor tamiya + ban tamiya, tapi kebetulan saya punya adaptor 12V bekas dan motor DC bekas stavolt motor servo, tapi setelah dicoba dipakek untuk melubangi beberapa lubang saja langsung copot antara mata bor dengan ban/velg tamiya, dan langsung berfikir untuk mencegah copotnya matabor yang menjadi hal yang menjengkelkan ini, hehe
Dan langsung terlintas dipikiran untuk menambahkan lem bakar yang teksturnya seperti karet di sambungan antara mata bor dan velg tamiya ini. Dan hasilnya.... mantab abis, dicoba dipakek untuk mengebor beberapa papan PCB yang relatif kecil hasilnya mata bor tak lepas. Berikut ini senjata saya untuk melubangi papan PCB
membuat bor PCB sendiri
bor PCB




Biasanya untuk keperluan umum saya memakai ukuran matabor ukuran diameter 0,8 mm dan 1 mm. Biasanya saya membuat papan PCB untuk kloning stompbox.
membuat mata bor PCB sendiri img

membuat mata bor PCB sendiri 2 img

Bagaimana dengan anda?

9 comments:

  1. wah wah keren juga nih BOS PCB hasil rakitan sendiri sobat...

    ReplyDelete
  2. hehe..trimakasih Sobat udah berkunjung :D
    itu bor pcb cuma iseng doang,

    ReplyDelete
  3. Nanti kalo mau ganti mata bor diameter 0,8 mm dgn 1 mm gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mata bor yang lama dipanasi sama korek api, trus dicabut, dan dipasang yang 1 mm, bisa kok, saya sudah berulang kali ganti2

      Delete
  4. cara menghubungkan kabel motor dengan adaptor nya gmna mas bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal di pasang (-) sama (+) nya, kalau arah putaran motor terbalik, tinggal di balik pasang kabelnya

      Delete
  5. Kalo gk punya adaptor gmana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dinamo tamiya juga bisa, tapi power supply nya juga harus diubah menjadi 3Volt, kalo adaptor jadi di toko banyak, buat sendiri malah lebih bagus menurut saya, karena adaptor murah meriah kebanyakan tidak ada regulatornya mas

      Delete