Friday, February 7, 2014

Bongkar Pesawat Telepon

setelah seminggu penuh internet dan telepon di rumah mati total, akhirnya saya ganti kotak plastik putih tempat jack RJ11 dari kabel luar rumah menuju splitter untuk telepon rumah dan modem saya. Soalnya saya curiga karena konektor maupun socket pada jack RJ11 sudah lama karatan :D , tapi sebelumnya walaupun karatan tapi masih bisa berfungsi walaupun kalau untuk digunakan telepon suaranya kresek-kresek :D hehehe ini dia kotak putih yang saya ganti
Kotak putih :D




Dan setelah diganti, menakjubkan! tetep gak bunyi teleponnya, apalagi modemnya. Langsung saja saya cek kabel menuju splitter, telepon dan modem, saya coba ganti-ganti dengan kabel baru hasilnya tetep, berarti pasti kabel yang di luar rumah soalnya biasanya memang pernah beberapa kali putus karena benang layangan orang-orang. singkat cerita sudah di benerin oleh petugas Telkom, dan setelah petugas ke rumah dan mencoba teleponnya bermasalah :(  , kalau dibuat telepon bisa tapi kalo di telepon tidak keluar nada dering teleponnya, "minta adik mas telpon e" kata petugas Telkom
setelah petugas pulang langsung saya bongkar telepon saya

daleman pesawat telepon t*ns

Speaker dan socket

Papan pcb Pesawat telepon

perkiraan saya sih speakernya yang rusak dan bisa diganti barangkali, setelah saya bersihkan dan saya copoti socket untuk speaker yang di papan PCB, kemudian saya test speakernya menggunakan multitester analog dan hasilnya masih bisa, langsung saya pasang socket dan pasang baut, langsung saya coba telfon dari HP dan hasilnya nada dering masih keluar, jadi gak perlu beli telepon lagi :D  hehehehe
jadi mungkin hanya tidak nyambung saja pada socket yang dari speaker ke papan PCB di dalam pesawat teleponnya mungkin karena debu

semoga bermanfaat 

2 comments:

  1. kalau salah satu tombol nya yg ga berfungsi gmn tuh gan..?
    ada solusi untuk memperbaikinya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibongkar saja gan, PCB nya dibersihkan pakai minyak kayu putih

      Delete