Wednesday, February 19, 2014

Membuat Joule Thief Senter Mini

LED merupakan lampu modern yang hemat energi, itu yang menjadi alasan saya belakangan ini sedikit tertarik dengan rangkaian - rangkaian yang melibatkan benda kecil bernama LED ini, dan sampailah pada rangkaian Joule Thief untuk LED yang bisa digunakan untuk senter kecil diwaktu listrik di rumah padam.

Rangkaian yang dinamakan Joule Thief merupakan rangkaian yang bisa menyalakan lampu LED dengan batrei 1,5 volt hingga sekitar 0,7 volt, mengingat lampu LED ini membutuhkan sekitar 3 volt (untuk LED putih). Nah tugas rangkaian Joule Thief ini menaikkan tegangan dari 1,5v atau dibawahnya hingga mencapai voltase yang bisa menyalakan LED inti dari rangkaian ini adalah gulungan kabel/kawat yang sering disebut transformer/trafo yang paling sering kawat email di gulungkan pada ferite berbentuk donat, tapi mekanismenya tidak semudah penjelasan saya barusan :D
untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi > http://en.wikipedia.org/wiki/Joule_thief

saya membuat joule thief versi dari website : quantsuff.com
karena lebih lengkap menurut saya, mulai dari rangkaian joule thief dasar hingga sampai yang efisiensi tinggi, saya memakai transistor BC337, ferite dari hasil copotan dari dalam lampu CFL, kawat email bongkaran dari motor tamiya, dan resistor, untuk jumlah lilitan tidak terlalu kritis, berapapun bisa menghidupkan LED, dalam kasus saya ini saya melilitkan 15 lilitan per lengan. Berikut hasil dari rangkaian saya
Joule thief pertama saya :D


ketika dinyalakan
Pada gambar saya memakai hanya 1 LED dan saya pasang pada PCB dan untuk transistor dan resistor saya kasih socket untuk memudahkan ganti resistor atau transistor, ini karena iseng-iseng saja :D,  setelah saya rasa nyalanya paling terang saya bongkar dari PCB dan saya rangkai lagi tanpa PCB, untuk foto menyusul karena pas tidak saya bawa joule thief pertama saya ini.
Lumayan untuk penerangan darurat pas listrik padam.
Silahkan mencoba untuk yang penasaran juga :D

Update: untuk pembuatan Joule Thief saya yang kedua ada di postingan ini: Lampu Emergency dengan Joule Thiefjuga  
juga disini untuk versi selanjutnya Lampu emergency dengan joule thief (2)

No comments:

Post a Comment