Tuesday, February 14, 2012

Dapur Tinggi

Dapur tinggi digunakan untuk mengolah bijih besi menjadi besi kasar. Besi kasar yang dihasilkan oleh dapur tinggi tersebut dimasukkan kedalam dapur/konveerter, untuk dijadikan baja, baja tuang,atau besi tuang.
Bahan - bahan yang diperlukan dalam proses dapur tinggi untuk mengubah biji besi menjadi besi kasar, antara lain : Batu kapur (fluks), Bijih besi, bahan bakar (kokas) dan udara panas.
Biji besi
diperoleh dari proses penambangan dan proses pemisahan (extraction), bijih besi merupakan bahan utama yang akan diubah menjadi besi kasar
 
1. Batu kapur
batu kapur bertindak sebagai pengikat kotoran (fluks), jadi pengotor pengotor yang ikut tercampur pada cairan besi yang akan mengurangi kualitas besi kasar akan diikat oleh batu kapur dan dibuang menjadi terak.

2. Bahan Bakar
Bahan bakar yang umum diqunakan dalam proses dapur tinggi biasanya adalah kokas. Tapi bahan bakar lain seperti arang kayu juga antrasit juga bisa digunakan.


3. Udara panas
Digunakan untuk melangsungkan pembakaran dengan bahan bakar menjadi CO2 dan gas CO untuk menghasilkan panas, Udara panas dihembuskan dengan maksud agar pembakaran sempurna, lebih cepat, sehingga kebutuhan kokas berkurang. Udara panas dihasilkan oleh dapur cowper.

berikut penampakan dari dari dapur tinggi
Dapur tinggi pic.

sekali dinyalakan Dapur Tinggi akan berhenti setiap 5 tahun, jadi dalam waktu 5 tahun dapur tinggi bekerja terus menerus. ada juga jenis Dapur tinggi yang berhenti setiap 10 tahun.
Tinggi dapur ini sekitar 70 meter.

No comments:

Post a Comment