Saturday, August 17, 2013

Ruby amp: Amplifier gitar mini

Yah habis hibernasi lagi bloggingnya, mulai blogging lagi sekarang. hehe.. ini akibat hobi baru saya, DIY di bidang efek gitar, untuk itu saya akan posting juga mengenai hasil dari hobi baru itu. dan postingan ini salah satunya.
Pernah dulu, beberapa minggu mencari proyek kecil-kecilan untuk amplifier gitar yang bisa di dengarkan lewat headset akhirnya nemu proyek yang oke, sederhana, dan browsing punya browsing (biasanya kan "usut punya usut") mini amplifier untuk gitar ini dikembangkan oleh orang yang berpengalaman dalam amplifier gitar. dan proyek ini mendapat tanggapan yang cukup baik ternyata di forum-forum untuk proyek DIY gitar. sebut saja amplifier mini gitar ini :Ruby amp.
amplifier gitar mini pic
Ruby-amp: Mini amplifier untuk gitar



Simple dan suaranya menjanjikan, itu yang saya ada dalam pikiran saya. karena pada saat membaca penjelasan dari website resminya (runoffgroove.com), input buffer dari Ruby-Amp ini menggunakan transistor jenis FET yaitu J201 dimana transistor FET ini sering digunakan untuk pedal gitar yang katanya suaranya FET mirip dengan suara vacuum tube (tabung) pada aplikasi sound pada amplifikasi gitar. Ruby-amp ini merupakan pengembangan dari mini amplifier "little gem" yang juga cukup populer di kalangan DIY. tanpa berpikir panjang langsung saya buat PCBnya, belanja part dan rakit. setelah selesai saya coba di speaker 5 inch, dan suaranya okelah untuk ukuran amplifier mini yang bisa menggunakan batrey. Dan langsung saya pasang pada boks plastik kecil, dan saya putuskan untuk digunakan hanya dengan headset :)
Mungkin anda ingin membuat ampli kecil untuk latihan dengan gitar listrik? saya menyarankan membuat proyek ini, simple banget soalnya
berikut foto-foto mini amplifier gitar yang bernama Ruby Amp milik saya:
Ruby-amp saat di test

Sudah selesai :)

dalem nya Ruby amp

semoga bermanfaat

3 comments:

  1. Mana rangkaian pcb na gan? Bisa kirim via emsil saya?
    sunardimuhtar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini gan, lengkap sama skema nya
      http://www.runoffgroove.com/ruby.html

      Delete