Thursday, July 14, 2011

Cara Mudah Belajar Apapun: Praktekkan!

Beberapa bulan yang lalu saya meminjam buku : Revolusi Cara Belajar, jilid 1 dan 2 karangan Gordon Dryden &Jeannette Vos, Dr(telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia) dari perpustakaan di sekolah saya, meskipun tak sempat semua halaman selesai di "lahap" tapi saya tetap bisa menarik kesimpulan dari buku itu, sesekali saya tulis poin poin yang menurut saya cukup penting. salah satunya: metode / cara termudah dalam mempelajari apapun.



Jelas tertulis di buku itu bahwa metode termudah dan terampuh dalam mempelajari sesuatu adalah : PRAKTEKKAN SAJA.
lalu di jelaskan secara gamblang mengapa itu menjadi metode belajar yang paling mudah dan ampuh,
Anak kecil belajar berjalan dengan berjalan, belajar membaca dengan membaca, belajar bicara dengan bicara. Sangat logis memang, apa anda belajar mengemudi motor dengan cara mengendarai mobil?? tentu tidak bukan! mungkin ini sudah kita ketahui, tapi mungkin anda juga seperti saya, kadang lupa akan hal ini.

Sekitar 3 bulan yang lalu saya mempersiapkan menghadapi Ujian Nasional dengan membaca materi materi yang berkaitan dengan Ujian,setelah saya membaca buku ini dan "mempraktekkan" seperti dituliskan di buku ini, saya lebih mempersiapkan Ujian dengan membuat sendiri simulasi ujian di rumah setiap hari dengan mengerjakan soal-soal prediksi dengan waktu yang sama dengan Ujian sebenarnya, dan dengan lembar jawaban komputer yang telah saya fotokopi, ternyata cara seperti ini telah membiasakan saya untuk mengerjakan soal soal ujian dengan cepat dan efisien. Bagaimana?Bukankah lebih mudah bagi saya menghadapi Ujian Nasional dengan Simulasi Ujian, daripada dengan membaca materi materi, Bukankah saya lebih terbiasa dengan simulasi tersebut?

Saya sudah membuktikan metode belajar yang paling mudah dan paling ampuh, bagaimana dengan anda? Tertarik?
saya tunggu cerita anda :)

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment