Friday, December 20, 2013

Beralih ke Open SUSE 13.1

setelah cukup lama makek ubuntu dualboot dengan win7 rasanya bosan, ditambah lagi kalau ubuntu di update sering terjadi masalah setelahnya, sudah 3 kali instal ulang ubuntu gara-gara ngadat setelah di update. yang terakhir masalahnya setelah di update menu dan icon dari ubuntu dengan desktop environment Cinnamon.
Tampilan desktop OpenSUSE 13.1



Tanpa pikir panjang langsung download openSUSE dan linux mint di kampus, mumpung internetnya lagi ngebuut :D
dan akhirnya langsung instal openSUSE 13.1, karena menurut pengalaman temen linux mint dualbootnya bernasip sama dengan ubuntu saya.

pas di install kaget juga, proses instalnya keren ! pas bagian menentukan partisi, openSUSE langsung memberikan saran yang menurutnya baik, salah satunya merekomendaasikan mengecilkan dan membesarkan partisi baik punya widows,punya ubuntu saya sebelumnya, jadi langsung saja tekan tombol "lanjut" terus dan tinggal tunggu. Dan berikut printscreen dari desktop openSUSE  saya :D
OpenSUSE 13.1 setelah instal flash player



Terminal OpenSUSE13.1 diatas firefox :D

2 comments:

  1. Dulu, saya sempat terpikat tampilan desktop Open SUSE yang kinclong abis. Karena akses internet waktu itu sangat terbatas, master seri terbaru Open SUSE 10 pun sukar didapat, putus harapan lalu benar-benar gagal total. Sempat sih coba Ubuntu tapi kurang puas. Akhirnya tahun 2009 pengobat kegagalan itu datang juga, Win7 build 2100 yang masih Beta. Well, hingga hari ini saya masih setia dengan Win7 (build 2600).

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, sama sih mas Fiz dengan saya, masih dualboot belum berani makek linux penuh, soalnya aplikasi-aplikasi yang lumayan berat yang digunakan di kuliah saya jalannya di windows semua, autocad,solidwork, ansys . belum nyoba sih instal mereka di wine nya linux. Tapi yah mau gimana.. hehe

      Delete