Wednesday, January 15, 2014

Speaker sangat sederhana

Yah namanya hobi, meskipun hobi yang tergolong baru, tapi tetap memberi kepuasan tersendiri. Yah itulah hobi baru saya : oprek dan solder di bidang audio, maupun elektronika lainnya :D
pas di lab di kampus, saya langsung tertarik untuk membenahi speaker aktif yang awalnya menjadi tumpukan saja di pojokan ruangan. Dan menjadi speaker aktif dengan segala kesederhanaannya (baca: kekurangannya :D). Speaker woofer 4 inch + tweeter, power amp TDA2040, mono (bukan stereo), box dengan tambalan sealant silikon di belakang dan tidak ada tombol power, knob volume, apalagi knob pengaturan bass dan treble. Jauh dari kesempurnaan sebuah speaker untuk laptop/komputer. Sebenarnya ic powernya sudah mati dua-duanya (karena aslinya speaker aktif ini stereo) tapi saya ganti cuma satu saja IC TDA2040 nya :P
Speaker aktif sangat sederhana

Tapi yah setelah beberapa bulan ternyata cukup berguna juga di "markas" di kampus. Simple, mudah
dipindahkan, cukup nendang bassnya bila dibanding speaker-speaker aktif yang kecil-kecil. Setidaknya untuk memutar mp3 maupun nonton film cukup nyaman untuk kalangan yang bukan sama sekali audiophile seperti saya.


Dan sekarang saya pengen buat speaker aktif sejenis untuk dipakai di kosan, belum kesampaian sih, karena minimnya dana yang dimiliki dompet saya :D . Saya tertarik speaker aktif yang seperti itu ternyata, hanya berisi power amp saya, tidak ada preamp, karena untuk mengatur equalizer nya sudah ada di player mp3 seperti winamp, aimp dll.
Jadi kesimpulannya simple tapi lumayan itulah yang bikin saya kesengsem :D

2 comments:

  1. Sangat lengkap ulasan tentang Speaker sangat sederhana ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.
    TOA.

    ReplyDelete