Wednesday, December 17, 2014

Prinsip KERS (Kinetic Energy Recovery System)

Kinetic Energy Recovery System atau biasa disingkat KERS merupakan sistem yang menyimpan energi kinetik dari mobil yang sedang melakukan pengereman, energi kinetik tersebut disimpan sementara dan kemudian digunakan lagi untuk akselerasi.
sistem ini diperkenalkan mulai tahun 2009 pada mobil F1, tetapi mengalami peningkatan pesat pada tahun 2014 dimaka energi yang disimpan menjadi 2 kali dari tahun 2011.
berikut gambaran aliran energi pada sistem KERS foto dari wikipedia

skema kerja KERS (kinetic energy recovery system) pada mobil F1



di dalam mobil F1 MGU (motor generator unit) ada 2, yaitu MGU-K(kinetik) dan MGU-H (heat). MGU-K mengubah energi kinetik sedangkan MGU-H mengubah energi panas pada gas buang engine.

Sitem KERS ini dikendalikan oleh prosesor (PCU) yang di picu oleh tombol pada steering wheel. Sistem ini digunakan pada saat menikung kemudian overtaking, pada saat menikung pedal rem diinjak dan secara otomatis  menyalurkan energi ke sistem dan menyimpannyapada batrei, padasaat overtaking setelah menikung, tombol pada steering wheel di tekan maka energi pada batrei yang diperoleh dari sistem pada pengereman diubah menjadi energi kinetik untuk akselerasi.

berikut video cara kerja dari sistem KERS ini

Sistem ini sangat bermanfaat untuk memanfaatkan energi kinetik sewaktu pengereman untuk akselerasi, juga mengurangi beban kampas rem. Keren memang dunia F1 :D
semoga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment